Selasa, 16 Februari 2016

My boss my hero

I wish i could say that to all of my boss.. 

Sayangnya dari sekian tahun perjalanan karir gw #cieh cuma beberapa orang yang masuk kategori tersebut.

Yang pertama adalah bos gw d tempat kerja yang dulu, dia ngajarin gw tentang teknik nulis artikel, nyari referensi berita, bikin buletin dan sebagainya. Kemampuan yg tergolong maju pada waktu itu, n terbukti dia jd salah satu delegasi yg dikirim k mesir bwt jd wakil indonesia pada konferensi penanganan pandemi flu.

Yang kedua tu bos gw d tempat kerja sekarang. meskipun umurnya hampir dua kali lipat umur gw tapi dia masih keliatan muda bangeett (bikin sirik aja), dia menganggap gw n temen kerja gw adalah sahabat dan dia bisa memposisikan diri sebagai kakak, sahabat atau atasan sesuai situasi yang dibutuhkan. dia ngajarin gw bagaimana bersikap profesional di tempat kerja yang didominasi oleh orang tua yang masih menganut paham feodal (upss) dan bagaimana bekerja sesuai dengan tupoksi dan passion. satu kalimat yang paling gw kenang itu adalah, kalo lo ga suka sama apa yang lo kerjain di tempat kerja, cari apa yang bisa bikin lo nyaman disana, misalnya temen-temen di sekitar lo. jadi lo berangkat kerja ga cuma karena tuntutan harus kerja tapi karena mau ketemu temen-temen lo, dan hal itu bisa meningkatkan semangat kerja lo.. yah meskipun abis itu bete lagi kalo ketemu atasan yang nyebelin haha..

yang ketiga itu bosnya bos gw yang nomer dua tadi, secara tim di tempat kerja gw sekarang itu cuma sedikit personelnya jadi antara bos besar sampe staf cungpret macam gw niy ga ada jaraknya, interaksi masing-masing personel dalam tim itu sangat tinggi jadi bikin kami tau karakter satu sama lain. bos yang satu ini waktu awal gabung, pendiamnya luarr biasaahh sodara-sodara.. dalam satu hari kata-kata yang dia keluarkan ga nyampe 10 kalimat, dan kebanyakan cuma hmm, ya, udah, terserah.. tapi kalo soal substansi materi tulisan dan paparan, dia pinter banget dan mau ngajarin gw.. ilmu yang gw dapetin di kantor ini sebagian besar gw dapetin dari dia, dan karena itu gw bersyukur banget.. ga semua staf di tempat gw bisa dapet kesempatan belajar substansi dari orang yang baik dan bener-bener peduli sama pengembangan kapasitas stafnya.

yang keempat ini yang paling keren.. dia bos besar gw, bosnya para bos yang udah gw sebut duluan, secara gw kenal dia juga belakangan ini.. kepribadian bos gw ini unik, ga biasa untuk ukuran kantor gw yang masih agak feodal :D dia orangnya simpel, praktis dan ga repot sama protokoler. dia juga peduli sama pengembangan kapasitas stafnya dan mau repot-repot luangin waktu buat ngumpulin stafnya dan ngajarin kami bagaimana cara membuat TOR yang baik, materi-materi terkait substansi dan isu yang jadi perhatian kantor kami, atau sesekali ngobrol santai mengasah bahasa inggris yang nyaris tak terpakai di kehidupan sehari-hari kami.

dan seperti kata pepatah, hidup terus berjalan bagaikan roda yang terus bergulir.. para bos yang pernah mengisi hidup gw dan memberikan arti dikala gw bosan dengan situasi kantor ini pun harus pergi pindah tempat dan mendapatkan posisi yang lebih baik. tapi karena merekalah paling tidak gw bisa seperti ini.. karena mereka gw bisa punya prinsip menjalankan pekerjaan dengan sebaik mungkin, karena gw yakin dengan pekerjaan ini gw bisa berkontribusi untuk negara ini (cieeehhh berat bener bahasanya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar